Islamic Widget

Rabu, 10 Agustus 2011

GOLDSTAR TAK BISA MENYIMPAN PROGRAM

              Sore kemaren datang seorang teman yang juga menjalani profesi sebagai montir elektronik dengan membawa sebuah chasis televisi kepadaku. Kulihat pada chasis televisi tersebut tertancap dua buah ic utama yang bertype LG 8343 sebagai ic programnya sedabgkanyang kedua adalah TA8690 yang digunakan sebagai ic chroma,langsung kutebak ohhhhh ini mesin tv Goldstar ya?.............Lantas kutanyakan kepada temanku tersebut kenapa dibawa kesini?. Menurut temanku tersebut tevenya jika disearching gak bisa menyimpan siaran televisi. Jadi sewaktu diprogram siaran sempat nampak namun nomor chanel tv gak bisa berpindah dang siaran televisi gak ada yang nyangkut sama sekali. Sebagaimana biasanya langsung menuju sasaran jika saya mendapatkan garapan merk Goldstar dengan keluhan yang seperti ini maka yang saya periksa adalah tegangan yang ada pada pin AFT dari IC Programnya,nah disituseharusnya ada teganan sebesar kurang lebih 3volt DC,jika tidak ada bisasnya hal ini disebabkan oleh C2 dg ukuran 104nF yang menghubungkan pin AFT ic tersebut dengan Ground sudah short . Jika di titik ini sudah normal tapi masih belum bisa menyimpan progam juga maka lanjutkan penelusuran yang masih berada di jalur AFT juga,yakni menuju sebuah transistor penguat AFT out put yang dikeluarkan oleh ic chroma,letaknya berada di samping alumunium pendingin penguat audio yaitu sebuah transistor C3198 engan kode board Q 507,ganti saja dengan yang baru.


Namun ternyata masih bandel lagi maka yang kuoprek adalah coil aftnya kali ini tidak kuganti dengan yang baru melainkan dengan mengorek capasitor internal yang ada di dalam bungkus coil aft tersebut,lalu kugantikan dengan sebuah capasitor dengan ukuran 47pF dengan cara menyolder langsung pada kedua kaki coil dibalik pcbnya.
 eeeeeeeeh ternyata masih belum bisa nyimpen juga. Karena sudah capek hunting kerusakan dan mata udah pedes maka ulanjutkan dengan besrpekulasi untuk mengganti ic programnya. Naaaaaaah ternyata pekerjaanku kali ini selesai sampai di sini dan tevepun bisa menyimpan siaran lagi sebagi mana mestinya.

Nah dari sini kuambil kesimpulan jika sewaktu waktu menemui garapan bermerk GOLDSTAR dengan keluhan seperti ini maka yang akan kulakukan adalah:
  1. Mengecek tegangan yang ada pada pin AFT ICprogram.
  2. Mengecek trasnsistor penguat AFT Output dari ic chroma
  3. Mengganti coil AFT dg yang baru atau mengganti capasitor iternalnya.
  4. Mengganti ic program jika keadaan teve masih belum dapat menyimpan siaran.
  5. Mengganti ic chroma jika setelah penggantian ic program masih belum bisa nyimpan program ( jika semua langkah tsb diatas sudah dilkasanakan namun teve masih tetap membandel.

10 komentar:

PALAPA electronic mengatakan...

Terima kasih Pak Ahmad atas infonya yang detail beserta gambarnya menambah perbendaharaan ilmu buat saya dan teman-teman.

CAK HAFID mengatakan...

maksih juga karna mau mengunjungi blog aku yang sangat ndeso dan jauh dari sempurna

Minan mengatakan...

Makasih kang atas informasinya. Sangat membantu sekali. Salam kenal.

CAK HAFID mengatakan...

terimakasih juga mau berkunjung ke blog aku and lam kenal juga

ndory servis mengatakan...

Salam kenal,postingan yang sangat bagus makasih bisa tambah ilmu

ndory servis mengatakan...

Salam kenal,post yang sangat membantu bisa untuk tambah ilmu

CAK HAFID mengatakan...

bwt ndoris lam kenal balik,dan matur nuwun

2kang mengatakan...

kang numpang permisi ngelink nek blog ku.

Ne kuat mengatakan...

Makasi infonya gan, sangat sangat mmbntu sy. Mf gan kl blh mnt no hpnya krm ke noku 089655439176. Makasi

madunelektro.com mengatakan...

Makasih infonya...
Jangan lupa mampir ya http://madunelektro.blogspot.com