Islamic Widget

Jumat, 22 April 2011

LG FLATRON TROUBLE AUDIO

     Mungkin temen-temen seprofesi sudah tidak asing lagi dengan gangguan kerusakan yang sering terjadi pada salah satu tv keluaran LG jenis flatron yang bertype 21FB7RG ini. Trouble audio begitu saya menyebutnya, karna pada tv jenis ini saya udah beberapa kali mendapati gangguan seperti ini. Ciri-cirinya adalah pertama dinyalakan tv ini normal seperti biasanya namun setelah beberapa saat agak lama antara 1/2 jam atau lebih lama tiba tiba dari speaker tv ini terdengar suara gemeretak seperti kembang api atau petasan.Awalnya bunyi letupannya agak jarang tapi lama kelamaan menjadi lebih kerap dan lebih keras. Hal ini penyebabnya adalah gangguan pada IC volumecontrol/surround audio yang bernomor seri LV116NV.  Dalam menangani hal kerusakan ini ada beberapa pengalaman yang pernah saya lakukan. Pertama gangguan ini dapat saya atasi dengan mencopot ic tersebut kemudian membersihkan seluruh pinnya dengan sapuan thinner A dan juga membersihkan areal tempat ditancapkannya ic tersebut lalu masuk ke servis mode dan mengubah audio optionnya (setereo/mono). Namun pernah juga cara ini tidak bisa menyelesaikan gangguan dan harus mengganti ic surround tsb.
       Adapun jenis gangguan lain yang berkenaan dengan ic LV116NV ini adalah televisi tidak mengeluarkan suara seperti halnya kerusakan pada penguat Amplifiernya padahal sebenarnya ic Amplifiernya masih dalam keadaan bagus. Namun dalam hal ini disertai dengan tombol panel atau remot control jika dipencet OSD ditv agak lemot munculnya,dan setelah muncul langsung hilang lagi. Jika gangguan sudah seperti ini maka jalan yang harus ditempuh adalah mengganti IC LV116NV tsb. Nah gangguan semacam ini juga pernah pada beberapa merk televisi yang juga menggunakan IC volume/sound control jenis LV116NV ini baik yang berbentuk biasa maupun yang berjenis SMD ( laba-laba ).
     Sekian dulu sharing pengalaman saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

5 komentar:

gaptek mengatakan...

wah tv 21" lg flattron saya persis sama dengan cerita diatas, 1-2 jam suaranya meletup kaya petasan trus nyaring sendiri, remote jadi lemot, kira" harga ic LV116NV berapa ya? di pasaran banyak ngak yg jual?

CAK HAFID mengatakan...

harga LV 116NV sekitar 25k aku dapet ic ini setelah pesen di SC

Anonim mengatakan...

kalau di jumper aza bisa nggak bos??

CAK HAFID mengatakan...

Kalau dijumper tone control ya gak jalan

Unknown mengatakan...

Sy punya tv lg flatron yg mengalami kerusakan pd IC program dgn no 21FB7BG, sy cari2 ic tersebut selalu tdk ada. Adakah yg bs bantu sy..?