Islamic Widget

Selasa, 26 April 2011

SIMPLE CRT RESTORER

    Bagi teman teman yang hoby bergelut di bidang servis televisi bukanlah hal yang asing lagi menemui sebuah kerusakan  yang terjadi pada tabung CRT tv,misalnya hilang salah satu warna  atau kadang suatu warna lebih mendominasi komponen warna yang lain. Hal ini disebabkan karna komponen katoda yang ada di dalam crt tersebut terkadang short dengan grid (G1) atau nilai resistansi katoda dengan grid sudah hampir putus. Keadaan seperti ini bisa diatasi dengan cara merestore crt tersebut dengan sebuah alat yang dinamakan crt restorer. Namun kenyataannya alat tersebut sangatlah mahal harganya. Tapi jangan khawatir kita dapat melakukan restore kepada tabung CRT tersebut menggunakan cara yang sangatlah mudah dan dengan menggunakan alat yang sangat sederhana dan relatif aman dibandingkan dengan merestore menggunakan tegangan fokus. Adapun yang kita perlukan adalah hanya sebuah Lampu Bohlam berukuran 10 atau 15 watt,sebuah steker listrik dan beberapa kabel saja dan sebuah transformator daya 2 Amper atau adaptor.Cara Penyambungan atau mengaplikasikannya seperti yang terlihat pada gambar di atas.Bohlam diseri dengan grid dan katoda yang akan kita restore lalu filamen heater kita beri tegangan 6 volt dari sebuah trafo atau adaptor. Kemudian setelah filamen heater menyala,colokkan steker yang terhubung dengan bohlam ke stop kontak listrik. Nah tunggu hingga lampu bohlam menyala. Bila nyala lampu bohlam sudah stabil,tenang tanpa berkedip berarti kita berhasil merestore katoda tersebut. Hal ini kadang memerlukan waktu yang cukup lama,bahkan terkadang lebih dari 1 hari. Namun jika bohlam memang gak mau menyala itu artinya katoda memang sudah benar-benar putus. 
    Melalui postingan kali ini juga saya ucapkan terima kasih kepada Ning As yang telah mengingatkan saya mengenai cara restore sederhana ini.

9 komentar:

Supatmin mengatakan...

makasih bang, pengalamannya bisa ditiru...

rudiquattrox mengatakan...

Wow .... pasti akan sangat bermanfaat sekali Kang Mas ^^ ...terima kasih.

CAK HAFID mengatakan...

YOU WELL COME

wira game mengatakan...

Mau tanya, waktu katoda diberi tegangan, Apakah tegangan yang masuk ke heater di putus dulu atau heater tetap dapat suply tegangan selama proses restorer

CAK HAFID mengatakan...

pada saat katoda diberi tegangan heater tetap dinyalakan

Anonim mengatakan...

trafo apa musti 2A Pa?trus bohlamnya jg harus yg 10 watt?

Unknown mengatakan...

Salam kenal mas, mantap tu ilmuxa

Unknown mengatakan...

apakah teknik diatas ada resikonya mas ? contohnya resiko meledak tabungnya ??

Unknown mengatakan...

apakah ada resikonya teknik restore diatas, apakah bisa meledak tabungnya mas ????